Save Our Nation! Hentikan Penyebaran Rekaman Black Box Adam Air!

Save Our Nation, Save Merah Putih !

Baru sekitar 3 hari setelah kasus beredarnya rekaman black box Adam Air ini beredar di internet, dan tersebarnya rekaman itu semakin tidak terkendali. Coba lihat di Youtube dengan memasukkan kata kunci ‘rekaman Adam Air‘ maka akan kita temukan puluhan video dengan berbagai versi. Silakan lihat ini untuk lebih jelasnya! Pengin tahu berapa pengunjung video-video itu? Fantastis,.. ribuan, bahkan ada yang mencapai 15.000 hanya dalam waktu satu hari setelah di-upload.

Tanggapan yang muncul pun semakin beragam. Dari para web surfer yang meninggalkan comment di blog-blog atau situs-situs berita macam Kompas, terlihat sangat beragam. Ada yang mencaci pemerintah dan KNKT, ada yg hanya menanggapi dengan miris saja, ada yg mendo’akan, ada yg mengkritik penerbangan nasional, bahkan ada yang nggak berani buka file itu. Paling tidak, itu yg saya baca di postingan saya yg berjudul Allohu Akbar, Teriakan Histeris Pilot Adam Air, Rekaman CVR Black Box Adam Air!. Oh, ya …  sekedar tahu saja bahwa postingan itu hingga kini telah dibaca sebanyak 10.100 kali.

Dari kubu pemerintah, tanggapan yg muncul juga tidak kalah seru. Tempo Interaktif yang berkesempatan mewawancara salah satu anggota KNKT Ruth Simatupang bahwa peristiwa ini telah mencoreng nama Indonesia. Ruth menjelaskan, bocornya isi CVR ke publik itu melanggar Konvensi Chicago annex 13 chapter 5.12 butir D. “CVR bersifat confidential dan tidak boleh beredar,” jelasnya. (Lihat Tempo).

Kawan, kita ini satu bangsa. Jika bangsa kita menanggung malu, maka kita semua ikut dapat malu. Terlepas dari siapa yang salah, aseli atau tidak rekaman itu, tapi yang jelas kejadian ini telah mencoreng nama bangsa kita. Oleh karena itu, marilah kita bantu pemerintah, hilangkan semua link download file tersebut! Kini kita semua sudah tahu bahwa penyebaran file tersebut adalah kecelakaan KNKT yg telah gagal menyimpan file rahasia ini. Saya pikir, tak perlu kita justru menjadikan ini sebagai bahan cemoohan untuk KNKT atau pemerintah.

Haruskah KNKT Menyebarkan File Aseli Rahasia Tersebut?

TIDAK!   Itu adalah penginkaran terhadap hukum-hukum investigasi kecelakaan pesawat. jangan sekali-kali berpikir bahwa KNKT harus membuka hasil investigasi tersebut, kecuali rekomendasi akhir hasil kesimpulan pembahasan yg komprehensif. Ada porsinya masing-masing! CVR dan FDR adalah untuk KNKT, sedangkan kesimpulan akhir itu yg boleh untuk komsumsi publik.

Nah, kalo kita sudah tahu bahwa tersebarnya file tersebut telah mencorang nama bangsa (yang memang sudah penuh dengan coreng-moreng ini), kenapa tidak kita hilangkan saja penyebaran file itu? Paling tidak ini membantu menjaga kredibilitas dunia penerbangan kita dan kredibilitas KNKT, selaku insitusi pelaksana investigasi keselamatan transportasi di negara kita ????

Iklan

25 Tanggapan

  1. Yup, setuju, Ibu.
    Ingat juga negara kita masih kena aturan pelarangan penerbangan ke Eropa (hiks).
    Kalo berita ini terus digembar-gemborkan yang jelas gimana caranya nyuci arang di muka bangsa? :-‘(

  2. menurut suatu sumber di koran (lupa e apa korannya), Indonesia bakal ga diercaya lagi kalo ngebocorin transkrip rekaman blackbox.
    Tapi kayaknya, tanpa kejadian ini, Indonesia memang blacklist di hampir semua bidang

  3. Di Channel National Geography ada sebuah acara bertajuk Air Crash Investigation.
    Di acara tersebut digambarkan detik-detik terakhir dari sebuah kecelakaan pesawat terbang. Dan sering kecelakaan yang merengut seluruh penumpangnya.

    Dalam acara tersebut, kadang diperdengarkan dialog (bukan asli) antara pilot, copilot dan ATM. Dialog pasti diambil dari rekaman black box.

    Di dalam acara tersebut, informasi mengenai penyebab kecelakaan memang dibahas dengan tuntas bahkan sampai tindakan pencegahan dikemudian hari, tetapi bukankah itu sama saja dengan melanggar bahkan dikomersialisasikan.

  4. kalo menurut gw, asli atau ga asli, black list atau ga, kita musti hati2 banget sm yg namanya plat merah otoritas. Gimana kita mau safety dan bla…bla..bla.. kalo semua perijinan transportasi udara, audit yang menyangkut safety pesawat, dll harus disertai sogokan bahkan gaji reguler bagi pejabat DSKU (DepHub).
    Jadi KNKT itu omong kosong!!!
    Tidak ada satupun airlines di Indonesia yang tidak menyogok, karena kalau tidak memberi jatah preman pada plat merah tsb, semua perijinan dan yg lainnya pasti tidak akan lancar. (disadur dr pengalaman pribadi)

  5. bloger emang suka kebangetan hanya gara2 ambisi pribadi tanpa pernah peduli akibat postingnya menyebarluaskan aib bangsa sendiri.

    Saatnya para bloger menahan diri dan tau diri akan moralitas, maka HAPUS / DELETE semua postingan tentang ini NOW!!!!!.

  6. saya juga prihatin dengan penyebaran rekaman itu, dan yang paling menyakitkan adalah, ketika saya mencoba memosisikan diri saya sebagai salah satu keluarga korban….

  7. kredibilitas bangsa memang penting untuk dijaga, tapi kejadian heboh ini juga kita ambil hikmahnya agar menjadi cambuk bagi dunia penerbangan indonesia agar lebih memprioritaskan keselamatan penumpang daripada keuntungan yang tidak seberapa.

  8. Ikh, judulnya keberatan neh: Save Our Nation?…inilah warga Indonesia yang masih merasa dirinya di jaman dulu….saya kira, rekaman yang beredar memang melanggar konvensi chicago…, tapi kalau ini “dibuahi” menjadi masalah Indonesia, saya kira berlebihan….Ini masalah ketidakberesan aparatur negara yang kecolongan sehingga terjadi kebocoran, kebetulan terjadi di Indonesia. Toh, saya pikir, kebobrokan dunia dirgantara Indonesia sudah bukan rahasia umum…Artinya, janganlah buru-buru mengalihkan perhatian, membawa ke isu nasionalisme, tapi bawalah ke isu perbaikan sebuah profesionalisme. Okay, bu…..

  9. File yang harusnya masuk kategori “sangat rahasia” itu kok bisa dengan mudah bocor ke masyarakat….

  10. saya pribadi sebenarnya ga terlalu peduli asli ato gak..toh klo palsu kayanya gak mungkin minta sama KNKT tuk posting rekaman aslinya tuk di dengar publik 🙂 .

    saya setuju dgn kang suciptoadi..penekanannya hanya kepada kenapa sampai bisa bocor ato dipalsukan (dipalsukan karena menurut ketua knkt rekamannya agak2 mirip)

    sebagai rasa simpati kapada para korban maka diblog saya akan tutup link ungguhnya.

    trims bu

  11. Kepada rekan-rekan yg menilai judul di atas terlalu berlebihan, mungkin anda benar. Akan tetapi mohon dimengerti, kita tetap berusaha memberi masukan dan mengkiritisi kinerja pemerintah, akan tetapi bukan semata-mata untuk mencela pemerintah.

    Apalagi, jika point of view-nya udah dari luar. Maka yg namanya anda, saya, mereka, pemerintah, dan semua WNI dianggap sama sebagai ‘INDONESIAN’. Dalam kondisi seperti itu, maka saya membayangkan bahwa kita bisa bersatu padu untuk mengangkat harkat dan martabat kita bersama.

    Masih ingat dengan Piala Asia kemarin kan? Mulai dr Presiden, Artis, Timnas, Suporter, dan seluruh bangsa, bersatu padu meneriakkan ‘INDONESIA’. Menurut saya, masih adakah ‘BOBOTOH’ yang tonjok-tonjokan dengan ‘JACK MANIA’ ? ‘AREMANIA’ dan ‘BONEK SURABAYA’ ???

    CMIIW!

  12. Bangsa ini cukup sulit untuk belajar dari pengalaman.. Mudah-mudahan dengan beredarnya rekaman ini semua mata hati lebih terbuka, sehingga diharapkan tidak perlu lagi pengalaman-pengalaman yang mengerikan. Innalilahi…………..

  13. Asli ataupun palsu, yang pasti kita harus mengambil hikmah dengan peristiwa beredarnya rekaman memilukan black box Adam Air 574.

  14. Jadi pengen jadi pilot…..(dubrak)

    Setuju aj kalo dihilangkan, toh sudah ada aturan yang ngatur. Lagipula napa blackbox adam air, bukannya blackboxnya pesawat yang nabrak WTC lebih seru lage???…(ngacir)

  15. jadi diri sendiri aja , jadi bangsa indonesia aja…ga apa diblacklist juga …yang penting jadi indonesia aja……

  16. Kalau memang gak ada manfaatnya buat apa buang waktu mubazir.
    Kerjaan orang gak punya kerjaan kali..

  17. kalo cuma kaya gitu sih belom seberapa……………masalahnya masih banyak aib bangsa ini yang belom terungkap

  18. Indonesia,Yuk. . . .!!!! Maju bersama aa’.
    Basmi hasut menghasut,isu yang memburukan citra Bangsa.
    Aa’ percayakok, Indonesia bisa menyelesaikan masalah Rumah tangganyasendiri.
    Basmi Virus Luar,Basmi Virus Dalam Negri.
    Dengan Bismillah ,mari Bangun Kepercayaan sesama.

    Biarlah mereka mau berkata apa,biarlah mereka dengan warn nya yang berbeda.
    Tapi kita yakin bersama mereka kita bisa menggapai kejayaan bersama.

    Urip ra ‘sa di gawe pusing,nyate. Tapi jo neko neko.

    Creator Sugesty:
    A@’Jie.

  19. dari yang aku baca di web nya KNKT, katanya rekaman itu tdk benar, katanya KNKT tdk akan membocorkan hal yg serahasia itu, walah2 ternyata bukan cuma kosmetik doang yang palsu berita juga bisa palsu.

  20. menurut saya,,,
    orang indonesia ini ko’ msh bisa aj percaya am orang luar, uda tau hal ini bukan u/ publik mlah di sebar2in.
    buat malu org INA aj neh…
    hal kecil spt ini jgn di jadiin u/ t4 mencari uang apalagi disebarluaskan.

    malu deh ane sbg org INA.

  21. palsu ga palsu…
    Rekaman yg beredar seharusnya di uji lab dulu lah…biar kita smua tau bahwa rekaman itu asli atau palsu. Kan sudah pernah ditantang sam Roy Suryo…kok ga ada kelanjutannya tuh??!!
    Pemerintah juga ga bisa cuci tangan dengan hanya teriak2 minta diberhentikan pemberitaan tentang peristiwa kebocoran ini. Pemerintah harus mempertanggungjawabkan kepada publik kenapa bisa bocor, terutama KNKTnya tuh yang bicara. Apa mereka memang sudah bersih semua??

  22. “Rekaman yg beredar seharusnya di uji lab dulu lah…biar kita smua tau bahwa rekaman itu asli atau palsu. Kan sudah pernah ditantang sam Roy Suryo…kok ga ada kelanjutannya tuh??!!” <— dia (Roy Suryo) bukan nya sebagai KHUSUS pakar dalam dunia PERBOKEPAN(esek-esek) ?

    itu loh yang bikin nyawa orang ilang gara gara statement dia tentang video salah satu artis yang meninggal gara gara beban pikiran

  23. ………sy gk prcaya kalau itu rekaman asli…..tidaaak mingkinn cuma orang bodoh yang percaya itu…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: