Oleh2 Liburan [1] : Orang Bangka Punya Kerja

Hari besok, tepat seminggu gw liburan di Bangka. Persis seperti yang gw perkirakan sebelumnya, gw bakalan kesulitan dengan akses internet disini. Mulai susahnya nyempatin waktu buat ke warnet, maupun trouble yang hampir selalu saja ada ketika make kompi warnet. Artikel ini gw tulis setelah minta operator warnet mbetulin tombol ‘space’ yang ngadat nuncep terus,..  😦  Syukurlah dah bisa normal.

Banyak yg udah gw kerjain disini. Pengin rasanya banyak cerita, cuma karena belum leluasa ngenet, gw simpen dulu aja dech! Ntar aja kalo dah di rumah gw sambung lagi. Yg jelas gw ada fotonya adalah ‘Dolphin Show’ …  nanti dech gw share!

Kali ini gw ceritain aja bagaiamana orang Bangka punya kerja (hajatan, kondangan, red).

Berbeda dengan kultur orang jawa di daerahku, Solo, di sini orang punya kerja lebih santai. Nggak nyrepek-nyrepek banget. Terlihat semampunya, tapi bener-bener ngundang orang untuk pesta, tanpa berharap yg neko-neko dengan amplop. Tamu datang masukin amplop tanpa tulis nama, jadi emang nggak bakalan ketahuan ini amplop siapa. Berbeda dengan orang Solo, dicatat satu demi satu …  si A … nyumbang 50rb ..  jadi nanti mbalasnya jangan kurang dari 50 rb … halah ???

Nyantai,…  bayangin aja. Kemaren gw datang ke kondangan tetangga komplek. Yang punya rumah yg mempersilakan tamunya makan. Habis itu, dia sendiri yang pegang orgen,… trus sodara2nya yang nyanyi. Weikk???  Nggak salah nih? kalo di Solo, yg punya kerja nggak boleh kerja apa2. Lha iya, lah …  dia kan udah pusing dengan utang yg harus dibayar.  😀

Satu yg gw nggak suka dan nggak habis pikir. Kok ada ya,..  di kota sekelas ibu kota propinsi, orang punya kerja sampai nutup jalan karena dipasang tenda? Padahal itu jalan ramai loh,…  jalur angkot!   ???

Iklan

4 Tanggapan

  1. ya, kultur daerah bangka memang beda dengan jawa,apalagi solo yang termasuk daerah kraton, kebtulan saya orang bangka, dan sangat tau apa dan gimananya daerah saya…kalo ada saran bisa chat ke saya d10ny02@ym

  2. 🙂 Begitulah pulau Bangka, fren… Semoga liburan ke Bangka menjadi salah satu catatan menarik dalam hidup u, Friend. Thanks telah mengunjungi pulau ini.

  3. Yo, i …
    Thanks kunjunganngannya kawan-kawan Bangka!

  4. Mo sharing pengalaman berlibur ke Bangka plus tipsnya.
    Mudah2an bermanfaat untuk temen2 yg ada rencana berlibur ke Bangka, pulau yang dengan pantai2 yang indah.
    Seperti saya butu info ang banyak sebelum berangkat berlibur ke Bangka.

    Pulau Bangka memang sangat indah. Berbeda dengan pantai-pantai di utara P Jawa, di Bangka airnya jernih keijauan atau kebiruan. Pantainya ada yang sangat landai sampai berpuluh meter ke tengah masih dangkal, ada yang berpasir putih ada yang berpasir coklat kekuningan.

    Pantai di Utara Bangka pasirnya putih, di antaranya pantai tanjung gudang, pantai remodong, dan pantai tanjung penyusuk. Pantai tanjung gudang yang lokasinya dekat pelabuhan di Blinyu, pantainya sangat landai dan dangkal sampai berpuluh meter ke tengah, pasirnya paling putih di antara yang pernah saya lihat. Pantai di daerah ini masih alami, belum ada pengelolaan khusus sebagai tempat wisata.

    Di dekat kota sungailiat terdapat beberapa pantai yang indah, berdekatan berurutan yaitu pantai matras, pantai parai tenggiri, pantau batu bedaun, batavia, dan tanjung pesona. Pantai tanjung pesona berbeda lokasinya, kalau dari kota sungai liat berbeda jurusan dengan ke parai. Pantai matras hanya ramai pada hari sabtu sore dan hari minggu. Pantai Parai tenggiri merupakan pantai yang sudah dikelola secara komersial oleh PT. El John , adalah suatu resort yang sudah ditata menjadi kawasan pariwisata yang indah. Pantai batu bedaun yang bersebelahan dengan parai juga masih alami.

    Di dekat kota pangkal pinang ( Ibu kota Provinsi Babel ) ada juga pantai yang indah yaitu pantai pasir padi.

    Masih banyak lagi pantai lainnya di Toboali, mentok, dll.

    Berikut tips berlibur ke Bangka, penting banget nih, dari pengalaman saya ke sana tanggal 1-4 Jan 2009.

    1. Bagi yang suka berlibur dalam kondisi ramai banyak orang, sebaiknya merencanakan berlibur pada waktu long week end atau di sekitar akhir tahun dan awal tahun ( tahun baru ). Akan tetapi pada akhir tahun/tahun baru biasanya masih musim angin barat, bisa beberapa kali turun hujan dalam sehari, langit kadang berawan, angin cukup besar, air laut tidak sejernih biasanya, tetapi masih tetap indah dan suasana ramai pengujung.
    Perlu booking hotel jauh-jauh hari karena kalau tidak maka tidak akan mendapat hotel terutama yg di pinggir pantai. Kalaupun dapat sisa kamar super deluxe atau suite ( gak masalah bagi yg berlebih anggarannya ). Kalau cari hotel yang murah di kota karena menghemat aggaran, sebaiknya di tengah kota agar bisa kuliner waktu malam hari. Di sungailiat contohnya jangan di Jl Jend Sudirman karena jauh dari tempat jajanan.
    Hotel2 yang berlokasi di pantai adalah di Parai, tanjung pesona, dan pasir padi. Di Parai hanya ada Parai beach Resort yg harganya lumayan, standar 475 rb exclude tax u week end, deluxe 600 Rb exc tax week end, dst. Di Hotel sherata pantai pasir padi grade di bwh parai beach hotel.

    2. Bagi yang suka berlibur pada saat-saat tidak begitu ramai sebaiknya mengambil week end kira2 antara bulan mei sampai september. Pada waktu2 itu tidak banyak hujan, angin tidak kencang, air laut jernih, dan gelombang lebih teduh/tenang. Panorama lebih bagus karena langit cerah. Bisa lebih puas berwisata karena jarang atau tidak turun hujan.

    3.Bagi yang ” wisata ransel ” ( baca : dana terbatas )
    Rencanakan dgn cermat tempat yg akan dikunjungi agar lebih terukur biayanya. Bisa rencanakan stay di satu tempat, misalnya di hotel sherata pantai pasir padi, atau di hotel di kota sungailiat ( hotel melati 150-200 rb ada ) atau di pangka pinang.
    Sedangkan mengunjungi tempat-tempat wisata kalau ingin banyak tempat yang dikunjungi sebaiknya pakai mobil rental, rental kira2 350 rb nego aja, bensin 150 rb, dan tip sopir. Biaya tersebut wajar karena dapat mengunjungi berbagai tempat dengan enak dan lancar. Kalau pakai angkutan umum akan sulit mengunjungi banyak tujuan dan sengsara sambung2 angkutan, capek. Pada umumnya tidak ada angkutan umum ke lokasi wisata. Contoh dari pangkal pinang ke pantai pasir padi tidak ada angkutan umum, kalau carter untk bolak balik di situ saja bisa Rp 200 Rb.
    Dari sungailiat ke parai ada becak motor, tapi kalau tidak janjian dijemput akan sulit sewaktu kembali, bisa pake mobil sewa hotel tapi mahal.

    Jadi lebih mendingan rental aja. Pasti lebih murah untuk banyak tujuan.

    4. Bagi yang ” wisata koper ” ( dana tdk masalah )
    Untuk kemudahan sebaiknya rental mobil untuk mengunjungi bebagai lokasi tujan wisata.

    5. Cari no. Telp. Rental mobil sebelum berangkat,sebaiknya coba contact dulu biar pasti memang bisa dihubungi. Lebih baik kalau sudah ada deal sehingga sewaktu keluar dari bandara langsung dijemput karena di bandara banyak taxi dan mobil carteran dengan tarif yag mahal, menggetok.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: