Have I Had Lost My Heritage Culture?

Buanyak sekali hal menarik dari kotaku untuk diceritakan, setiap kali jalan – baik jalan-jalan maupun jalan betulan – kemudian ketemu hal menarik, pengin rasanya untuk menuliskannya kemudain di posting di blog ini. Tapi apa daya, malas dan kesibukan lain ternyata menyebabkan suatu hal yang menarik dan sudah di shoot harus mengendap begitu saja di hardisk yang emmang sudah penuh sesak hampir nggak ada lagi space kosong lagi.

Sebagai contohnya, sekitar sebulan lalu sempat ke kondangan nikah tetangga. Karena memang desa kami masih kental dengan budaya Jawa, acara hiburan pada hari malam itu adalah gamelan live plus sindennya. Ada yang aneh? Ya,.. satu dari keempat sinden yang tampil ternyata bukan orang Jawa. Bukan sekdar bukan orang Jawa, tapi bule Honggaria. Padahal, sepengamatanku kecintaan orang Jawa dengan budaya gamelan itu sendiri sudah semakin luntur. Generasi sekarang lebih suka dengan lagu-lagu modern mulai dari dangdut, pop, RnB, and so on. Siapa yang masih mau lihat Pak Mantep ndalang? Nggak ada! Yang sekarang jadi idola adalah Samson, Peterpan, Nidji yang keriting suka lincak-lincak itu, apa lagi kalo yang bahenol macam Krisdayanti, Julia Perez, dan sebagainya.

Padahal, fenomena sinden bule ini bukan satu-satunya yang gw lihat. Kemaren pas acara wayangan Dies Natalis UNS 32, ada juga orang bulenya. Ternayat dia bukan cuma pintar nyinden (ngerti slendro pelog dan segainya yg gw nggak kenal) tapi juga pandai ngobrol dengan Bahasa Jawa kromo inggil dengan sangta halus. Ck ck kc …

 

 

Iklan

2 Tanggapan

  1. […] Have I Had Lost My Heritage Culture? […]

  2. Terkadang anak2 bngsa ini memang lupa tentang warisan budaya, tpi begitu budaya kita diklaim oleh bangsa lain baru bertindak.. Teruslah berkrya,dengan blog mari buat masyrakt jdi cinta tentang budaya,.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: