Kereta Api di Samping Jalan Protokol Tanpa Pembatas

Ada saja sisi unik setiap kota, setelah beberapa hari lalu saya bercerita mengenai pasar kaget di sekitar Stadion Manahan serta sedikit perbandingannya dengan pasar kaget minggu pagi di Gasibu Bandung, kali ini saya ingin menampilkan sebuah foto yang originil bidikan saya sendiri. 😀

Saya lupa tepatnya hari apa, yang jelas baru beberapa hari lalu. Pas ketika saya lewat di Jl. Slamet Riyadi kebetulan sekali kereta api lokal yang rutenya hanya Solo-Wonogiri melintas. Kebetulan juga pas bawa kamera, kesempatan nih … Jepret ! Jadi inget juga dengan jepretan kebetulan pas Solo banjir lalu…

Ini dia hasilnya ..

kereta.jpg keretai2.jpg
Silakan diklik untuk memperbesar! Bagi yang berminat dengan copyright gambar di atas, silakan kontak daku di yuyunestriyanto@uns.ac.id

Trus,..  apa menariknya dengan kereta api itu?

Guys,..  cuma ini kereta yang melintas bareng bersampingan dengan jalur mobil di jalan protokol. Coba cari dech …  cari semua kota di Indonesia kalo ada   😀

Nah,.. lucu kan? btw asyik juga …! Aku ngebayangin kalo yang melintas itu trem,… jadi kayak eropa dech … 😀

Iklan

33 Tanggapan

  1. heeeeem terima kasih atas infonya mas…….foto yang lain tolong diupload….

    terima kasih

  2. ym mu apa??

  3. Wah,.. sapa neh tanya YM gw ?! 😀
    yuyun_m97

  4. setahuku di madiun dulu masih ada kereta tebu bro yang melintas persis di pinggir jalan raya tapi nggak tau lo kalau sekarang masih ada atau tidak tapi pas kemaren lewat rel nya masih ada 🙂

  5. mampir sejenak

  6. mungkin awalnya bgtu kali tar bru trem menurut w juga keren bgt kok coba di tgrg ada yang kyak gtu

  7. thanx untuk uploads kota solo……

    kota solo memang kota yang enak untuk dikunjungi.
    gak rame,gak macet dan gak kumuh.

  8. keren……….

  9. mas,, di solo ada toko kereta model g?? klo mas tau nd tempat yg ada toko kereta modelna?? thx..

  10. Loh,.. itu di stasion ada kok, di konter resmi PT KAI. Tempatnya di ruang tunggu eksekutif ..

  11. Jayapura, 22-4-2009

    Wah seneng banget,saking seneng sama kereta api…..e….aku bermimpi ada kereta api di Papau bisa nembus negara tetangga Papua New Gueini.
    Ya…..kalau bisa di pelihara deh ,itung2 sejarah dan keindahan kota yang tidak ada di indonesia.Solo jadi saksi yg masih hidup ada kereta rute Solo-Wonogiri.Pernah th 2004 saya ke wonogiri,maunya naik kereta api…… tapi….ya lama sekali jadi batal deh.
    Saya masih ingat th 1973 terakhir lihat kereta di kota Surabaya dgn rute Stasiun wonokromo kota-sepanjang jalan Diponegoro-Pasar turi,saat itu juga tdk sengaja–namanya anak kecil— di ajak jalan2 ke KBS e….ada kereta(lokomotive) ditengah jalan lewat.itulah kecintaan saya samapi sekarang.terima kasih info KA.
    Dan membayangkan rute Yogyakarta-Magelang-Wonosobo-Purbalingga-Purwokerto hidup lagi…..wah tambah indah pemandangan di sana.Mudah2an PT KA merealisasikan jalur Semarang-Kalijati-Ambarawa sebagai jalur pariwisata.ok.aku tunggu juga di Papau ada kereta api

    Salam
    Herman
    Kayu batu 9 base G jayapura 99115

  12. memang rel kereta api “normal” (dan sampai saat ini masih beroperasi) yang keberadaannya berdampingan dengan jalan raya hanya tinggal di kota solo. kalau jaman dulu sih emang banyak rel yang “mepet” dengan jalan raya kek gitu, seperti rel kereta malang-tumpang, probolinggo-kraksaan, dan mungkin banyak di tempat lain, namun saat ini tinggal rel kereta di solo ini saja yang masih sejajar

  13. Di madiun ada yang kayak gitu, dan masih dipakai, kalo ga salah ke depo pertamina…

  14. Wah Pak Herman masih sempat melihat trem uap yang melintas di tengah kota Surabaya yah … Sungguh beruntung … Memang di tahun2 itu (awal 1970an) kayaknya rute Sepanjang – Diponegoro – Arjuno – Pasar Turi masih dilintasi ya Pak … Soalnya samar-samar saya ingat dulu waktu kecil mau pergi ke Jalan Tidar sedang mau melintas perempatan Jalan Arjuno ada lokomotif lewat juga .. warnanya hijau …

    Sayang semuanya sudah tinggal kenangan. Rel-rel sudah terkubur aspal, toko dan warung di tepi jalan. Kalau makan di warung tepi Jalan Semarang sebelah barat, kaki kita kadang masih bisa merasakan tonjolan baja bekas rel trem uap jurusan Ujung – Pasar Turi – Sepanjang.

  15. tks pak hanibal

  16. itu namanya kereta feeder solo – wonogiri.. untuk mengangkut penumpang dari luar kota yg mau ke wonogiri..

  17. di purwokerto dulu juga ada, sekarang sudah terkubur oleh aspal……

    betul kata pak herman,seharusnya ada pihak yang berpartisipasi menghidupkan kembali jalur tersebut.terutama untuk wisata…

  18. iya tuh enak juga keretanya bisa distopin di mana aja kaya angkot gitu lah

  19. coba gerbongnya di panjangin

  20. tanpa tandingan Bosss

  21. kalo baca ceritanya pak herman trem yang lewat jl arjuno lamat-lamat aku jg pernah lihat, stasiunnya masih ada, tuh di utaranya terminal joyoboyo SBY. demikian juga aku beberapa kali naik kereta uap dari madiun ke dolopo. ceritanya kalo aku mau pulang dari surabaya, naik dulu purbaya setelah sampai madiun ganti kereta uap jurusan ponorogo dan turun pasar Dolopo. uenak tenan….. sayang kemana ya lokonya, padahal lokonya termasuk besar, dan raja tanjakan, seperti saudaranya yang ada di priangan, kalo gak salah tipe D-52

  22. eh bukanya itu jalan kereta api yang ada di solo ya mang kmo orang mana sih………………?^_^?

  23. untuk jalur KA yg berdekatan dg jl raya di purwokerto memang ada tepatnya di jl jend.sudirman spanjang kira kira 3 km cuman sayang jalur ini sdh tertimbun aspal tapi rencana akan dihidupkan kembali untuk jalur purwokerto wonosobo berjarak 90 km. terakhir beroperasi pada tahun 1985.

  24. Kereta di jalan raya Porong juga sejajar jalan

  25. sekarang tiap minggu/liburan kadang ada rute wisata dgn kereta uap. di jalur itu. tapi tidak sampai ke wonogiri. hanya jalur dlm kota solo aja.

  26. salut buat pak herman masih sempat menikmati trem surabaya dan mengingatnya kembali, stasiun sepanjang dan joyoboyo msh kokoh berdiri dan relnya masih terhubung meski sudah terkubur, seandainya bisa hidup lagi pasti sangat bermanfaat, skrg surabaya sering macet, difungsikan lagi spt busway, asik kali,..

  27. Saya sangat menyayangkan rel kereta api Rembang jateng – jatirogo jatim yang habis di jarah orang2 yg mementingkan kantong pribadi. Padahal termasuk bantalan relnya terbuat dar lempengan besi semua dan tertuliskan tahun 1912.

  28. kayak eropa banget…..sayang keretane dah modern

  29. wah terima kasih atas infonya mas…….foto yang lain tolong diupload

  30. nice artikel gan
    jgn lupa visit blog saya teman”
    http://artikelevan.blogspot.com/
    ada artikel ttg KA nihh
    thx

  31. Nie jestem aż takim online czytelnikiem:
    ) jesli mam być szczera, jednak twoje forum
    jest tak wciągające i w istocie łatwo się je czyta, że nie mogłam sie oderwać.
    Istotnie przytulnie:), tak trzymać!. Wielkie dziękiza wyborną
    lekturę.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: